Home Mainan Karinding Dimainkan Dengan Cara

Karinding Dimainkan Dengan Cara

Rate this post

Karinding Dimainkan Dengan Cara. Getaran antara si karinding dan mulut digabung dengan udara dari mulut menghasilkan suara yang gak biasa. Paling kanan karinding dengan satu jari.

Alat musik rebana dan gendang dimainkan dengan cara Gudang info
Alat musik rebana dan gendang dimainkan dengan cara Gudang info from gudang.info

Secara konvensional menurut penuturan abah olot nada atau pirigan dalam memainkan karinding ada 4 jenis, yaitu: Selain ditabuh, karinding juga ada yang dimainkan dengan cara dicolek atau disintir. Sekarang cerita aja, yuk, apa itu karinding.

Table of Contents

Karinding Terbagi Menjadi Dua Macam, Diantaranya :

Karinding terbagi menjadi 3 ruas, yaitu ruas pertama menjadi tempat mengetuk karinding dan menimbulkan getaran di ruas tengah. Paling kanan karinding dengan satu jari. Karinding juga disimpan dalam alat khusus yang juga terbuat dari buluh bambu yang memiliki.

Karinding Yang Terdapat Di Indonesia Pada Umumnya Berukuran Sekitar 10 Cm X 2 Cm Tergantung Pada Selera Si Pembuat Dan Penggunanya Karena Ukuran Ini Kemudian Akan Mempengaruhi Bunyi Saat Karinding Tersebut Dimainkan.

Karinding yang terbuat dari pelepah kawung atau pohon aren yang digunakan oleh pria. Karinding yang terbuat dari kayu yang hanya digunkana oleh wanita. Alat musik ini memiliki bunyi yang sangat unik dan merdu.

Menurut Sekretaris Komunitas Ngahiang Dawuh Kabupaten Kuningan, Kuswana Didampingi Ketua Apip Mustopa, Kepada Media Ini Mengatakan.

Kalau sudah mahir melakukan tongeret yang lainnya akan cukup mudah di mainkan. Setelah dengan yakin menggenggam karinding, maka pemain karinding bisa memulai menabuh karinding dengan sabar, tidak tergesa. Bentuknya kecil dengan panjang 10 cm dan lebar 2 cm.

Material Yang Digunakan Untuk Membuat Karinding (Di Wilayah Jawa Barat), Ada Dua Jenis:

Getaran antara si karinding dan mulut digabung dengan udara dari mulut menghasilkan suara yang gak biasa. Karinding adalah salah satu alat musik tradisional sunda yang cara memainkannya dengan di tiup , terbuat dari bahan bambu atau enau. Hingga “jarum” karinding pun bergetar secara.

Di Daerah Ciawi, Dahulunya Karinding Dimainkan Bersamaan Dengan Takokak (Alat Musik Yang Bentuknya Mirip Dengan Daun).

Bedanya membunyikan karinding dengan alat musik jenis mouth harp lainnya yaitu pada tepukan. Seroang diantaranya disebut pengatur nada anu pengatur ritem. Getaran antara si karinding dan mulut digabung dengan udara dari mulut menghasilkan suara yang gak biasa.